Skip to content

Berkenalan Dengan Alat Musik Tiup Saxophone

Written by

nodesofranvier

Saxophone – Alat musik tiup saxophone mungkin sedang viral – viralnya beberapa tahun belakangan ini. Jika anda mengunjungi sebuah pesta pernikahan dan terdapat orang yang berdiri bermain instrument musik tiup berbentuk huruf j, bisa dipastikan itu adalah alat musik saxophone.

Alat musik tiup ini memiliki ciri khas suara yang merdu dan sangat romantis. Alat musik ini biasanya digantungkan dileher pemain saxophone menggunakan tali atau strap khusus untuk saxophone. Cara bermain saxophone ini adalah dengan meniup mouthpiece yang ditempelkan dengan reed. Hasil suara yang dihasilkan akibat adanya getaran reed yang ditimbulkan dari angin yang kita tiup.

Saxophone diciptakan pada tahun 1840an oleh Antoine-Joseph atau sering dipanggil Adolphe Sax. Pada zaman itu alat musik tiup belum memiliki beberapa nada dalam satu alat tiup melainkan hanya satu nada pada satu alat tiup. Akhirnya singkat cerita Adolphe sax membuat inovasi baru dengan menciptakan alat musik tiup dengan berbagai nada dalam satu alat musik. Hal tersebut sebenarnya terinspirasi oleh ayahnya sendiri yang bernama Charles. Charles adalah seorang pembuat alat musik kala itu.

Itulah sejarah singkat mengenai saxophone. Lalu tahukah anda bahwa saxophone memiliki beberapa jenis suara dengan ukuran yang berbeda ? Berikut beberapa jenis alat musik saxophone.

  • Saxophone Sopran

Jenis saxophone pertama adalah saxophone sopran. Saxophone ini memiliki nada yang paling tinggi dan melengking dengan nada dasar Bb. Bentuk saxophone sopran memiliki dua jenis yang straight dan berbentuk huruf J. Salah satu saxophonist yang terkenal dengan alat saxophone sopran adalah Kenny G.

  • Saxophone Alto

Selanjutnya adalah saxophone Alto. Saxophone ini memiliki ukuran yang lebih besar dari saxophone sopran. Namun nada dari saxophone alto tidak setinggi saxophone sopran dan nada dasarnya adalah Eb. Salah satu saxophonist yang terkenal dengan alat musik ini adalah Dave Koz.

  • Saxophone Tenor

Jenis saxophone lainnya adalah saxophone tenor. Saxophone tenor adalah alat musik tiup yang memiliki nada dasar Bb dan memiliki ukuran yang cukup besar jika dibandingkan dengan saxophone Alto.

  • Saxophone Baritone

Jenis Saxophone selanjutnya adalah saxophone baritone. Saxophone ini memiliki ukuran yang sangat besar. Nada standart dari saxophone ini adalah Eb dengan suara yang rendah dan ngebas pastinya.

  • Saxophone Bass

Saxophone selanjutnya adalah Saxophone bass. Jenis saxophone ini adalah saxophone terbesar yang ada didunia. Saxophone ini berukuran lebih besar dari pada manusia dan memiliki nada standart di Bb.

Itulah beberapa jenis saxophone yang ada di dunia. Namun di antara semua jenis diatas yang paling sering dimainkan adalah jenis saxophone sopran dan alto.

Okei jika anda sudah mengetahui jenis – jenis saxophone, tentu sudah waktunya membeli dan belajar bermain saxophone. Untuk anda yang masih pemula kami menyarankan anda untuk bermain saxophone alto. Saxophone alto sangat cocok untuk dimainkan oleh para pemula karena nada dasarnya hanya berbeda 1,5 oktaf dibandingkan nada standart alat musik lainnya, sehingga lebih mudah untuk dimainkan.

Baiklah itu saja informasi seputar saxophone yang bisa kami bagikan hari ini. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda. Sekian kami pamit undur diri dan ikuti terus informasi menarik lainnya seputar musik diwebsite ini. Terima kasih.

Next article

5 Rekomendasi Saxophone Alto Untuk Pemula